nicky's blog

Belajar dan Terus Belajar

Pages

Minggu, 13 November 2011

Dibalik warna

 
DI BALIK WARNA

Putih
Kita tahu kalau putih adalah warna bulan dan melambangkan kesucian.  Tapi jangan salah, putih juga melambangakan kematian di Negara Cina, India, dan pada jaman dahulu, di kekaisaran Romawi.  Nah, terus kenapa pengantin selalu dihubungkan dengan warna putih juga ? Ternyata ini merupakan pengaruh dari jaman Yunani Kuno.  Ketika itu, bangsa Yunani Kuno membangun dan mempersembahkan sebuah kuil untuk Dewi Kebijaksanaan, ATHENA
Yang terbuat dari marmer puih. Inilah yang membuat warana putuh menjadi lambing kesucian.
Hijau
Baik di kebudayaan Timur maupun barat, hijau selalu dihubungkan dengan kesuburan. Enngak heran kalau di mitos manapun, dewa dan dewi kesuburan pasti dilukiskan dengan warna hijau.  Misalnya mitos Green Man untuk orang-orang Eropa Utara, Hijau memang melambangkan alam, itu sebabnya organisasi lingkungan hidup paling ngetop, Greenpace, pakai embel – embel green untuk menegaskan lingkup aktivitas mereka.  Bagi umat islam, warna hijau mejadi sacral karena berkonotasi alam semesta yang menandakan kehadiran abadi Allah.
Merah
Enggak heran deh kenapa pendahulu bangsa kita memilih warna ini sebagai lambing ‘keberanian’ untuk Sang Saka Merah Putih. Dari segi bahasa saja, warna merah mencerminkan kecemerlangan. Red dalam rumpun bahasa Slavia (yang banyak digunakan bangsa – bangsa di Eropa Timur ), ternyata punya arti ‘hidup’ atau ‘indah’. Untuk bangsa Mesir Kuno, merah adalah warna milik RA, dewa Matahari , Bangsa Romawi menghubungkan warna ini dengan Mars, Dewa perang, ups, tapi inilah warna yang dipakai oleh gerakan Nazi untuk warna lambing Swastika mereka, sebagai perlambang keberanian.  Merah merupakan symbol keberuntungan bagi Bangsa Cina. Itu sebabnya warna merah sering muncul di acara pernikahan, seperti untuk baju pernikahan dan undangan plus dekorasi ruangannya. ‘HARAM’ deh hukumnya menggunakan warna merah ke pemakan orang Cina.  Warna merah juga dipercaya bisa jadi penangkis roh – roh jahat.
Hitam
Hitam sering membuat orang berfikir tentang sesuatu yang berkesan seram, misterius atau nakutin. Ini karena sesuatu yang gelap merang sering dikonotasikan misterius, dan tentunya bisa menimbulkan rasa takut.  Kita juga sudah terbiasa untuk menggunakan baju berwarna hitam sebagai tanda berduka cita.  Ini ada hubungannya dengan tradisi kebudayaan semit jaman dahulu, dimana warga akan menghitamkan wajah orang yang sudah meninggalkan akibat penyakit menular agar tidak diketahui.


Post by : majlah gadis remaja 10 harian hal 92













0 komentar:

Posting Komentar