nicky's blog

Belajar dan Terus Belajar

Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

TUGAS 2


TINGKAT RESAPAN AIR DIJAKARTA

Tujuan 1 : Menyadarkan warga akan pentingnya tata ruang

            Jakarta adalah kota sibuk yang memiliki sejumlah masalah. Salah satu diantaranya adalah masalah banjir.  Banjir yang terjadi disebabkan salah satunya karena kurangnya resapan air hujan, sehingga bila terjadi hujan deras dan terus menerus atau berhari – hari banjirpun datang. Hal ini karena sudah tidak banyak lagi lahan resapan air hujan.

            Maka dari itu pentinglah peran warga agar menyediakan lahan sebagai tempat respan air hujan, seperti contoh kecil saja  dengan cara, membiarkan lahan kosong dirumah unuk dijadikan taman. Atau dengan cara menanam tumbuhan/pohon disekitar ruma. Dengan begitu kita sebagai warga sudah ikut serta dalam meningkatkan kesadaran pentingnya tata ruang. Karena yang akan merasakan manfaatnya juga untuk kita sendiri.

            Dengan demikian, jika setiap warga jakarta memiliki kesadaran yang sama akanhal pentingnya menjaga resapan air. Maka salah satu penyebab masalah banjir bisa teratasi.  Tetapi tentu saja dibnatu dengan peran serta pemerintah seperti misalnya dibangung hutan kota agar lebih maksimal dan tingkat resapan air menjadi lebih banyak.


Tujuan 2 : Pentingnya LahanHijau

            Jakarta sekarang ini sudah dipenuhi dengan gedng bertingkat , kendaraan – kendaraan mewah yang dapat menyebabkan polusi udara.  Kurangnya lahan hijau membuat jakarta menjadi kota polusi udara. Pentingnya pean pemerinah sebagai penyedia tata ruang atau dibuatkannya Lahan Hijau.

            Manfaat tata ruang banyak sekali salah satu diantaranya bisamengurangi polusi udara.  Dengan tersedianya tata ruang yang ditanami dengan pepohonan hijau akan mengurangi polus udara. Dapat juga sebagai resapan air hujan yang dapat menampung air dikala hujan turun deras dan secara terus menerus.

0 komentar:

Posting Komentar