nicky's blog

Belajar dan Terus Belajar

Pages

Sabtu, 24 September 2011

Makalah Dasar Pemasaran


MAKALAH DASAR PEMASARAN









NAMA : NICKY KURNIA UTAMI
KELAS : 1EB14
NPM : 24210966









DAFTAR ISI


BAB I                  :         PENDAHULUAN


BAB II                 :         ISI


BAB III               :         PENUTUP


BAB IV               :         REFRENSI

















BAB I PENDAHULUAN

Pecmasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yg membantu dalam menciptakan nlai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang & jasa. Faktor penting dalam  menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasar dan konsumsi.

Pemasaran berasal dari kata pasar. Apa itu pasar ?

Definisi pasar secara luas menurut WJ.Stanton adalah orang – orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.

Sedangkan dalam arti yang sederhana, pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan & pembelian). Yang di lakukan untuk penjual & pembeli yang terjadi pada waktu – waktu tertentu.

Pada umumnya transaksi jual beli melibatkan produk/barang atau jasa dengan uang sebagai alat pembayaran yang sah. Dan telah disetujui oleh kedua belah pihak melalui proses tawar penawar.

MACAM – MACAM PASAR

A.  . PEMBAGIAN PASAR MENURUT WAKTUNYA

1. PASAR HARIAN
    Yaitu tempat pertemuan pejual dan pembeli yang berlangsung setiap hari.

2. PASAR MINGGUAN
    Yaitu tempat pertemuan penjual dan pembeli yang berlangsung sekali dalam     seminggu.

3. PASAR BULANAN
    Yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli sekali dalam sebulan.

4. PASAR TAHUNAN
    Tempat bertemunya penjual dan pembeli yang terjadi sekali dalam setahun. Contohnya Jakarta Fair, Surabaya fair, Tokyo Fair dan lain-lain.

B.   PEMBAGIAN PASAR MENURUT TEMPATNYA
1. PASAR SETEMPAT
    Yaitu pasar yang menyediakan kebutuhan barang konsumen setempat.

2. PASAR DAERAH
    Yaitu pasar yang melayani para pedegang menengah untuk daerah sekitar.

3. PASAR NASIONAL
    Yaitu pasar yang memperdagangkan barang industry dalam negeri.

4. PASAR NTERNASIONAL
    Yaitu pasar yang memperdagangkan barang industry dalam negeri.


C.   PEMBAGIAN PASAR MENURUT BENTUKNYA


1.      PASAR KONKRET / NYATA
Yaitu pasar yang menyediakan barang sehingga penjual dan pembeli langsung melakukan transaksi. Missal pasar sayur, pasar buah dsb

2.     PASAR ABSTRAK
Yaitu pasar yang memerdagangkan barang berdasarkan contoh dan kualitas barang yang telah ditentukan. COntoh bursa efek Jakarta, bursa efek Tokyo dan lain-lain


D.   PEMBAGIAN PASAR MENURUT JENISNYA

1.      PASAR SEMPURNA
Yaitu pasar tempat penjual dan pembeli saling mengetahui harga

2.     PASAR TIDAK SEMPURNA
Yaitu pasar yang didalamnya penjual dan pembeli kurang ada kebebasan dalam menentukan harga permintaan dan penawaran.

E.    PEMBAGIAN  PASAR MENURUT  BANYAKNYA  PENJUAL DAN  PEMBELI

1. Pasar monopoli

2. Pasar monopsoni

3. Pasar dalam keadaan persaingan

4. Pasar dalam keadaan persaingan monopolitis.

BAB II ISI


PENGERTIAN PEMASARAN

Banyak yang mengartikan pemasaran sebagai penjualan, namun pemasaran lebih luas dari penjualan.Bahkan penjualan hanya bagian dari pemasaran .

Pengertian pemasaran menurut WY. Stanton  yaitu sesuatu yang meliputi seluruh sistim yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan & menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendristibusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli actual maupun potensial .

Secara umum pemsaran cenderung didefinisikan sebagai proses distribusi barang atau jasa yang dihasilkan suatu perusahaan kepada konsumen .Tetapi banyak orang yang tidak dapat membedkan antara pemasaran dengan penjualan.

Yang membedakan anatara pemasaran dengan penjualan adalah konsepnya.

Dalam konsep penjualan, suatu perusahaan meluncurkan produk baru. Setelah itu, perusahaan tersebut menggunakan segala methoda penjualan untuk merayu konsumen agar membeli produk tersebut. Setelah konsumen terbujuk, diharapkan mereka mau membeli produk tersebut sehingga perusahaan memperoleh laba. Jadi, dalam konsep penjualan, perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai dengan produk yang dimilikinya.

 Hal ini berbeda dengan konsep pemasaran. Di dalam konsep pemasaran, langkah perusahaan diawali dengan penjajakan untuk mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan konsumen. Kemudian, perusahaan tersebut mengembangkan sebuah produk yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen, dari sini perusahaan mendapatkan laba. Di sini, perusahaan menyesuaikan produk mereka untuk memenuhi keinginanatau kebutuhan konsumen.









BAB III PENUTUP


Dari latar belakang dan isi makalah ini, dapat di simpulkan bahwa pemasaran adalah
Suatu usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga sampai dengan promosi & mendidtribusikan barang dan jasa
Yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli dan perusahaan memperoleh laba.





















0 komentar:

Posting Komentar