nicky's blog

Belajar dan Terus Belajar

Pages

Minggu, 27 Februari 2011

SISTEM SISTEM EKONOMI


SISTEM – SISTEM EKONOMI
Sepanjang sejarah manusia, setiap masyaraka dan Negara telah melakukan berbagai bentuk pengambilan keputusan yang dituangkan dalam bentuk hokum, system dll.  Karena adanya lingkungan politik, social, dan hokum yang berbeda, maka tidak ada dua negara yang memiliki system ekonomi yang persis sama.

Berikut ini akan kita bahas beberapa sistem ekonomi yang pernah ataupun masih dipakai oleh negara – negara di seluruh dunia.  Semua sistem ekonomi pada intinya memiliki tujuan yang sama, yaitu bagaimana suatu masyarakat memecahkan permasalahan ekonomi .

v  Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi tradisional biasa digunakan oleh masyarakat terpencil yang tidak mempunyai cara hidup yang tinggi, yang belum mengenal tekhnologi.  Mereka tidak mengenal perdagangan, semua aktivitas dilakukan menurut adat – istiadat.  Semua dapat mereka lakukan sendiri karena secara umum kebutuhan yang berusaha mereka penuhi tidak jauh dari makan dan minuk saja. Hal ini dapat dilakukan dengan cara bercock tanam, berburu atau beternak.
Jadi pada intinya Masyarakat yang menggunakan sistem ekonmi tradisional hanya
Memanfaatkan sumber daya alam yang ada, lalu diproduksi sendiri dan digunakan sendiri.

v  Sistem Ekonomi Terpusat
Merupakan suatu sistem dimana pemerintah memiliki kendali yang ketat dalam menentukan kepemilikan bisnis, laba, dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan pemerintah.  Semua factor produksi adalah milik pemerintah sehinga hak individu tidak diakui.  Tidak ada individu atau kelmpok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian.
Sistem ekonomi terpusat memecahkan masalah dengan cara
Dari sumber daya alam yang ada di produksi yaitu milik pemerintah lalu hasil produksi didistribusikan ke rakyat.

v  Sistem ekonomi Pasar
Penganjur sitem ekonomi pasar adalah ADAM SMITH. Pada sistem ekonomi ini segala sesuatunya ditentukan oleh kondisi pasar.  Pengaturan dan pengambilan keputusan mengenai produksi, distribusi dan konsumsi dapat dilakukan oleh semua orang dengan sebebas – bebasnya karena semuanya berdasarkan mekanisme pasar yaitu, hubungan antara permintaan dan penawaran harga ditentukan oleh kekuata pasar. 
Ktivitas ekonomi yang bertujuan untuk mendapat keuntungan atau laba memberikan motivasi bagi tiap individu untuk terus maju.  Pemerintah cenderung lepas tangan terhadap pengalokasian sumber daya.  Setiap orang bebas berusaha, berdagang dan mempunyai hak milik . Dengan kata lain sistem perekonomian pasar adalah persaingan bebas atau kapitalisme.
Bagaimana sistem ekonomi pasar memecahakan masalah ekonominya, yaitu dari sumber daya alam yang ada pemerintah menyerahkan ke swasta lalu ke mekanisme pasar.
v  Sistem Ekonomi Campuran
Kebanyakan negara menerapkan sistem ekonomi campuran, yaitu sistem ekonomi yang memadukan antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi pasar.  Pada sistem ekonomi ini, pemerintah dan swasta mempunyai peranan yang berimbang dalam kegiatan ekonomi.  Pemerintah melakukan intervensi dengan cara membuat peraturan. Menetapkan kebijan fiscal, moneter, membantu dan mengawasi kegiatan sector swasta dan sebagainya.  Dalam penerapannya sistem ini bervariasi anatara negara satu dengan negara yang lainnya, tergantung situasi perekonomian negara yang bersangkutan.
Salah satu negara yang menggunakan sistem ekonomi ini adalaha negara perancis.Perancis memadukan kebijakan sosialis dengan ekonomi pasar. 






sumber : Ekonomi Jilid 1,erlangga

0 komentar:

Posting Komentar